SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


26.05.2009 19:13:42 1340x dibaca.
ARTIKEL
BANYAK KETARAMPILAN: LANGKAH MENUJU SUKSES

Bagi para guru SMK Leonardo salam sayang dan rindu dari saya. Semoga Leonardo semakin Akbar dan terus berkarya membangun kaum muda yang terampil dan berakhlak mulia. Saya ingin cerita sedikit tentang pengalaman saya kuliah di Pendidikan Bahasa dan Sasra Indonesia dan Daerah di Sanata Dharma Yogyakarta.

Selama empat semester ini saya merasakan betapa studi lanjut itu sangat penting dan wajib. Dulu saya sangat menginginkan bila langsung bekerja setelah lulus dari SMK Leonardo, tapi niat itu saya urungkan karena saya berpikir seiring tuntutan zaman lulusan SMK atau SMA semakin lama kalah dengan lulusan sarjana. Hal itu membuat saya berpikir mau memilih kuliah dimana. Pilihan pertama saya adalah ATMI Surakarta, pada waktu sosialaisai di Leonardo ATMi menawarkan Langsung lulus tes jika lulus Uji Kopetensi Produktif (UKP). Saya Lulus UKP dengan nilai 7,774. Saya datang ke ATMI untuk konvirmasi dan mendafta. Pihak ATMI, menyatakan hanya peringkat 3 besar dari sekolah yang direkomendasikan ATMI yang lolos tes tertulis.

Nilai UKP saya masuk 3 besar di SMK Leonardo dan saya meminta surat rekomendasi sdari Kepala Sekolah, pada saat itu Bruder Titus. Tapi ternyata Keberuntungan tidak di pihak saya. ATMI memberi syarat harus mendapat peringkat 3 besar UKP dan 3 besar peringkat kelas. Saat itu saya tidak tidak mendapat 3 peringkat 3 besar kelas. Saya pun langsung down, karena pihak Atmi tidak begitu jelas dalam penyampaian jalur khusus. Dan saya semakin down setelah pihak ATMI memberitahu saya, " boleh tidak peringakat 3 besar kelas tetapi nilai UKP harus 8.00”. Nilai saya 7.774 hanya kurang 0.26 saya bisa ikut jalur khusus tanpa tes tertulis. Beberapa hari saya berpikir pakah saya tetap mangikuti tes Masuk Atmi jalur reguler, saya merasa tidak yakin bisa lulus tes tertulis karena prestasi kelas (bukan praktek) saya tidak bagus. Akhirnya saya ikut tes dan gagal.

Langkah saya tidak berhenti di situ saja, saya tetap harus kuliah itu tekat saya, dan orang tuapun mendukung. Akhirnya saya memilih di Unversitas lain. Sanata Dharma adalah pilihan saya, pilihan pertama dan satu satunya adalah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. pada saat itu orang tua tidak setuju, seteklah saya menjelaskan bahwa prospek guru kedepan meyakinkan, dan orang tua saya pun setuju. Setelah tes tertulis dan pengumuman, saya dinyatakan diterima di jurusan yang saya pilih (PBSID). Saat pengumuman saya belum mendapat ijazah. Teman-teman menganggap pilihan saya terlalu jauh dari keterampilan saya sebagai lulusan Teknik Mesin Produksi. Menurut saya itu memang benar, tetapi saya mempunyai dasar dan keyakinan saya sendiri bahwa pilihab saya akan membawa saya kesuksesan.

Saya berpendapat semakin banyak keterampilan yang kita punya semakin bagus dan berguna bagi saya, itu pedoman saya sampai saat ini. Setelah menempuh 4 semseter ini saya merasa semakin yakin langkah saya akan terus sukses. Beberapa saat yang lalu saya bertemu dengan beberapa teman angkatan saya yang sudah bekerja, mereka bercerita lulus SMK hanya mendapat gaji yang sedikit dan hnya dibekerjakan secara kontrak. Banyak dari mereka melanjutkan studi di perguruan tinggi antara lain (Sigit, Wasis Indra, Dadang Kurniawan, Petrus Hariono, Antonius Tito, Sudarwoto, Sony). Hal itu sebagi fakta bahwa tuntutan zaman sekarang ini tidak hanya membutuhkan tenaga terampil saja tetapi juga cerdas dan berpendidikan tinggi.

Itu adalah fakta lapangan, dan bukan saya yang menyimpulkan. Saran saya bagi adik-adik kelas yang orangtuanya mampu dan masih bermotivasi meneruskan belajar saya sarankan melanjutkan di tingkat tinggi (kuliah), bagi adik-adik kelas yang (maaf) orangtuanya kurang mampu dan masih bermotivasi melanjutkan studi saya sarankan juga kuliah karena di universitas banyak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa. Dan bagi adik-adik kelas yang tidak melanjutkan studi jangan khawatir, semua tidak ada yang sia-sia saja, pa yang annda perbuat sekarang akan berpengaruh di kemudian hari, jadi terus berkaryalah. Semoga pap yang menjadi pengalaman pribadi saya ini dapat berguna menjadi inspirasi teman-teman dan adik adik kelas. Terimakasih. Salam sayang dan bangga untuk semua warga SMK Leonardo.

 

Toto Purnawan.





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 35.172.195.49 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/