SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


14.10.2008 08:15:52 722x dibaca.
ARTIKEL
BERSINERGI DENGAN LEONARDO

(Refleksi satu tahun hidup bersama Pangudi Luhur)

Berintegrasi, Bersinergi atas dasar 1 Yohanes 4 : 16. Terdapat hal-hal menarik bila dicermati, dan lebih dalam lagi direfleksikan dalam rangka inisiasi, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi memahami dan lebih banyak hal-hal yang selama kurang lebih satu satu tahun menjadi dinamika dinamis dalam hidup bersama di lembaga pendidikan yang “Pangudi Luhur” ini ;

  1. Proses Pengenalan Lingkungan Dalam teori psikologi dipetakan menjadi empat temperamen diri manusia ; melankolis, sanguinis, koleris dan flegmatis. Temperamen-temperamen ini akan menjadi mozaik indah bila kita (saya) memahami diri utuh, termasuk memahami orang lain. Namun pada realitasnya orang cenderung teguh konsep dirinya walau kadang kurang positif, jika tidak mau dikatakan negatif, model seperti adalah orang nekad dan bukan orang berani, tentu sangatlah berbeda antara orang berani dan orang nekat. Berikutnya banyak ditemukan topeng-topeng kehidupan yang menjunjung diri bukan komunitas. Berhadapan dengan berbagai karakter lalu saya berpikir, berefleksi : sebagai orang baru dalam komunitas ini apa yang akan saya lakukan ? Hal yang mendasar adalah mendengarkan rata-rata orang senang didengarkan, kedua tidak terlalu banyak memberi komentar karena pemahaman yang belum komprehensif, berikutnya adalah mengambil sikap atas mengadopsi karakter; dengan orang ini harus begini, dengan orang itu harus begitu dan hasil yang didapat adalah penerimaan atas kehadiran saya secara penuh; terhadap semua orang dan segi kehidupan komunitas, dengan tetap memposisikan diri sebagai orang baru.
  2. Berintegrasi dengan dasar berpikir baik (Allah adalah Kasih) Selama satu tahun mengenal lingkungan, saya harus sadar dengan seluruh konsekuensi atas pilihan, suka duka atas pilihan harus dihayati sebagai bagian hidup dan kehidupan. Terdapat pemikiran-pemikiran sederhana yang harus saya hidupi dalam rangka membangun dan mengembangkan hidup bersama, yakni berpikir baik, karena Allah baik. Dengan konsep sederhana ini proses integrasi tidak ada hal-hal yang dirasa berat, bahkan dapat digunakan sebagai sarana membangun komunitas dengan konsep-konsep yang lebih aktual, mengembangkan idealisme masa kini dengan etika dan penghargaan bahwa setiap pribadi adalah unik. Dengan demikian hidup yang saya jalani sungguh membantu saya menemukan kebahagiaan dan semakin memahami atas tugas pewartaan bahwa Allah sungguh mengasihi.
  3. Bersinergi membangun Pangudi Luhur . Pangudi Luhur disadari atau tidak merupakan aset atas pribadi maupun komunitas, dikatakan sebagai aset pribadi bila orang memiliki nilai-nilai hidup yang pangudi luhur ( mencari yang luhur, mulia…) menjadi aset komunitas bila individu-individu didalamnya sadar, menghayati, melaksanakan nilai-nilai ke-pangudiluhur-an : percaya pada penyelenggaraan Ilahi, membangun persaudaraan sejati, pemihakan pada yang lemah, kepekaan sosial, kesederhaan, kesetiaan dan kedisiplinan, kerendahan hati, kehidupan religius yang mandiri, kerja keras, optimis dan berdaya tahan serta bercita-cita tinggi (Bdk. Kebruderan atau Ke-FIC-an hal.23) . Bila nilai-nilai teersebut mempribadi dan mengkristal dalam tindakan niscaya Karya pendidikan Pangudi Luhur menjadi yang terdepan dan bermutu ganda ; dewasa dalam pengetahuan, dewasa dalam hidup iman. Setiap indvidu pasti memiliki kekuatan dan kelebihan atas dasar itulah maka saya sebagai pribadi berusaha mengembangkan konsep diri positif demi sekolah dimana saya hidup dan hidupi, bersinergi atas dasar kasih Allah dan mencari yang luhur dengan konsep sederhana berpikir benar (positif) terhadap segala perjara.



Pius V Joko Pranoto,
Guru Pendidikan Religiositas SMK Leonardo Klaten





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 18.205.176.85 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/