SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


19.10.2007 14:13:17 744x dibaca.
ARTIKEL
COMPUTER NUMMERIC CONTROL SEBAGAI MOMOK BAGI SISWA

Computer Nummeric Control atau lebih lazim disebut dengan CNC, seringkali menjadi satu momok buat beberapa siswa. Bahkan sebagian ada yang sampai mempunyai sifat paranoid terhadap mesin ini.

Melihat fenomena tersebut perlu diadakanya “pelurusan” mengenai definisi dan fungsi dari CNC. CNC sebagai “barang baru” untuk siswa memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan mesin pionernya yang masih konvensional. Namun dalam prinsip dasar pengerjaan, baik itu CNC atau konvensional tidaklah jauh berbeda. Hal yang membedakan adalah konsep pengerjaanya. Jika dalam mesin konvensional kita lebih pada pengerjaan yang bersamaan dengan pemikiran atau perhitungan, dalam mesin CNC kita dituntut untuk dapat membuat serta memperhitungankan segala aspek yang ada dalam pengerjaan suatu jobs secara detail dan menyeluruh sebelum masuk dalam aplikasi dari mesin CNC itu sendiri.

Perhitungan, pembuatan program simulasi, penentuan material yang akan digunakan dan beberapa aspek yang lain inilah yang sering dianggap siswa sebagai “monster”. Dari beberapa kali pertemuan yang telah terselenggara, dapat ditarik kesimpulan bahwa basic dari rasa takut itu sendiri dikarenakan siswa merasa takut mengoperasikan mesin “baru”. Dengan dasar pemahaman 3 – AXIS atau tiga sumbu, (sumbu X, sumbu Y dan sumbu Z) yang telah dipelajari di pelajaran fisika dan dengan penguasaan empat aturan dasar kalkulasi (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) yang ada di matematika dasar, serta bermodalkan siswa yang tidak begitu “gaptek”, maka CNC bukan momok yang harus ditakuti melainkan Ilmu baru yang sangat menantang untuk dipelajari dan ditaklukan. Selamat belajar dan taklukan aku, Computer Nummeric Control. (Jokes, Guru CNC)





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 18.205.176.85 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/