SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


14.02.2007 01:51:11 796x dibaca.
ARTIKEL
DAMAI BERSAMA IBU

SEJUK DAN DAMAI BERSAMA IBU

Seorang ibu adalah suatu simbol otentik kesejukan dan kesetiaan sejati. Tokoh R.A. Kartini adalah seorang wanita, ibu yang lembut namun teguh dalam pendirian untuk suatu perjuangan nilai hidup. Kata mutiara R.A. Kartini yang begitu berkesan dan berpesan diantaranya berbunyi : ” Nyuwun Sekar Melati Hingkang Mekar Hing Punjering Ati”. Beri aku bunga melati yang mekar di lubuk hati, demikian kurang lebih terjemahannya.
Lagu anak-anak di Gereja mengingatkan kita mengenai perjuangan ibu yang selalu mendoakan anaknya sebagai pemberian melati di lubuk hati anaknya. Penggalan syair lagu itu berbunyi :
Di waktu ku masih kecil, gembira dan senang
Tiada duka kukenal, tak kunjung mengerang
Di sore hari nan sepi, ibuku bertelut
Sujud berdoa kudengar, namaku disebut
Di doa ibuku namaku disebut
Di doa ibu ‘ku dengar namaku disebut.

Pada tahun 1964 Paus Paulus VI secara resmi memberi Maria gelar ”Mater Ecclesiae – Ibu seluruh Gereja”. Setiap kali kita ingat akan Gereja, secara spontan kita harus melihat kebada Maria. Ia memberikan hidup kepada Kristus, Kepala Gereja, yang bersatu dengan seluruh tubuh dan dengan semua anggotanya. Karena itu Maria itu ibu seluruh Gereja. Maria berdiri pula di depan Kristus sebagai mempelai-Nya yang terpilih, ” tanpa cacat, kerut, atau cela” ( Ef. 5 : 27 ).
Namun kita tidak menutup mata bahwa masih kita dengar adanya wanita, ibu diperlakukan semena-mena,tidak adil misalnya dalam rumah tangga, sebagai tenaga kerja di luar negeri, dll. Dunia kita makin panas, keras akibat kemajuan teknologi dengan alat-alat beratnya, yang juga berdampak pada kekerasan hati manusia.
Marilah kita tumbuhkan kesejukan, kedamaian mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar kita. Hari ini … jangan tunda lagi.

Br. Titus Totok T





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 18.205.176.85 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/