SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


04.11.2007 14:41:12 690x dibaca.
ARTIKEL
MATEMATIKA BUKANLAH “MOMOK”

Kebanyakan siswa menganggap MATEMATIKA adalah “MOMOK”. Siswa yang beranggapan seperti itu sebenarnya adalah siswa yang belum mengenal matematika. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Kalau kita mau bisa matematika, kita harus mengenal matematika terlebih dahulu. Bagaimana cara mengenal matematika? Itu pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Kita tiap hari harus bergulat dengan matematika. Tidak perlu lama-lama, cukup ±15menit per hari. Dengan cara bagaimana? Dengan cara berlatih dan berlatih. Kalau kita mendapatkan masalah, itu juga mudah untuk diatasi, tanya kepada teman atau guru. Jika kita bergulat dengan matematika setiap hari, lama-kelamaan kita pasti kenal dan bahkan kita bisa sayang dengan matematika.

Bagi siswa dan siswi SMK, jangan memakai kata SMK sebagai senjata untuk tidak mengenal matematika. Memang siswa dan siswi SMK banyak waktu yang tersita untuk praktek di bengkel. Tetapi kalau kita pandai membagi waktu, maka kita pasti dapat meluangkan waktu sejenak untuk bergulat dengan matematika. Di dalam matematika ada materi yang mempelajari tentang logika. Logika sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, bahkan penting pula untuk praktek di bengkel. Jika siswa dan siswi SMK selalu berpikir secara logis, pasti tidak akan salah dalam praktek di bengkel.

Dalam matematika ada juga materi yang mempelajari tentang program linear. Di dalam program linear kita belajar tentang bagaimana mencari nilai maksimal atau minimal. Itu juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, seorang pengusaha harus dapat mencari cara yang memerlukan modal sedikit mungkin dengan laba sebanyak mungkin. Bagi siswa dan siswi SMK juga sama, jika ingin praktik mengelas harus yang efektif dan efisien. Menggunakan elektroda / bahan tambah sedikit mungkin dengan hasil yang sebagus mungkin. Dan masih banyak contoh materi-materi matematika yang sangat berguna di dalam kehidupan sehari-hari.

Menyiapkan ujian matematika juga tidak dapat dalam waktu singkat, apalagi dalam waktu semalam. Siswa dan siswi yang menyiapkan ujian matematika dalam waktu semalam pasti akan mengikuti program remidi, kecuali bagi siswa dan siswi yang memang cerdas atau jenius. Tetapi orang cerdas dapat dikalahkan dengan orang rajin. Dan di dunia ini tidak ada orang yang bodoh, jadi jangan berpikir bahwa saya itu bodoh. Kita harus berpikir optimis, saya bisa. Jadi tidak ada kata “MOMOK” lagi bagi matematika.

Kita harus berlatih dan berlatih; berusaha dan berusaha; berjuang dan berjuang. Kalau kita rajin dan tekun, kita pasti bisa… Tidak ada kata terlambat untuk mengenal MATEMATIKA… ( Sisca Guru Matematika )





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 3.226.254.115 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/