SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


19.10.2007 14:27:22 698x dibaca.
ARTIKEL
MEMPERTAHANKAN SEKOLAH KEJURUAN DAN MENGHIDUPI PK YANG KECIL

Apakah Sekoah Umum dan Sekolah Kejuruan Itu? Sekolah umum adalah sekolah yang siswanya dibekali dengan ilmu pengetahuan yang tidak terkait dengan praktik dan jumlah jam praktik terutama bersifat penelitian, sehingga tidak membutuhkan beaya operasional yang tinggi. Sekolah kejuruan adalah sekolah yang siswanya dibekali dengan materi tori dan materi praktik, sehingga harus diadakan beaya untuk pembelajaran praktik yang memadai agar siswa dapat menguasai kompetensi yang terkait dengan praktik.

Mengapa Harus Ada Modal Awal Alat Praktik dan Mengapa Alat Praktik Harus Selalu Diperbaharui? Seiring dengan perkembangan zaman maka materi praktik harus selalu diperbarui agar siswa dapat menguasai materi yang akan digunakan untuk bekal bekerja. Sekolah yang tidak memikirkan tentang pembaruan materi praktik maka sekolah tersebut berangsur-angsur akan ditinggalkan oleh konsumennya, karena sekolah tersebut tidak dapat mengikuti perkembangan zaman. Sekolah yang tidak pernah ada anggaran alat praktik pada saat pendiriannya dan tidak pernah ada anggaran untuk pembelian alat ( modal dhengkul ) maka sekolah tersebut akan berjalan di tempat dan bahkan berjalan mundur.

Bagaimana Cara Mengatasi Agar Salah Satu Program Keahlian Menjadi Tidak Menjadi Berkurang Peminatnya? Sebagaimana keluarga yang mempunyai sifat berbeda-beda, maka bagi mereka yang lemah ia akan diperhatikan lebih dari mereka yang kuat dan mereka yang kuat akan diberi kepercayaan untuk berkembang. Jika mereka yang kuat diberi yang lebih maka yang kuat akan semakin berkuasa, tetapi bagi yang lemah jika dibiarkan maka mereka akan mati. Demikian juga institusi pendidikan jika yang diperhatikan hanya yang kuat saja maka ia akan mambunuh yang lemah. Apalagi jika yang lemah tidak diperhatikan maka ia akan lebih cepat mati ( disengkake ingaluhur ).

Bagaimana cara agar sekolah kejuruan selalu menjadi daya saing dari sekolah umum? Sekolah kejuruan akan menjadi daya saing bagi sekolah umum jika sekolah kejuruan:

  1. Dapat bersaing untuk dapat masuk perguruan tinggi terhadap sekolah umum.
  2. Lebih mudah mencari pekerjaan pada suatu perusahaan yang baik jika ia ingin bekerja.
  3. Dapat menguasai ilmu kejuruan dan mampu mengikuti perkembangan zaman.


Oleh sebab itu, agar selalu dapat peserta didik yang baik maka sekolah tersebut harus mengikuti perkembangan zaman. Maka diperlukan dua macam anggaran yaitu anggaran untuk menambah perlatan dan anggaran untuk pembelian bahan operasional praktik. Bagi program keahlian yang kurang mendapat peminat maka dia harus diberi perhatian khusus baik materi maupun perhatian tentang keunggulan progam keahlian tersebut. Bukan sebaliknya yaitu yang membutukan anggaran kecil diberi angaran yang kecil agar dapat membeli peralatan yang sedikit dan yang besar diberi anggaran untuk peralatan banyak agar ia semakin besar dan semakin kuat. (Guru, TPTL)





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 3.226.254.115 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/