SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


17.10.2009 09:31:19 844x dibaca.
ARTIKEL
MENJELANG LKS 17 OKTOBER 2009

Belajar dari pengalaman pait kita disadarkan untuk menerima kekurangan bahwa kita (jurusan Otomotif)pernah kalah di LKS 2 kali beruntun kecewa yang pasti. Tapi kita hidup kita tidak boleh terpuruk diam dan hanya menikmati kegagalan. Menyikapi keadaan memprihatinkan ini untuk tahun ini,kami (guru pembimbing) di TMO (sekarang TKR) mencoba menganalisa, mempelajari, memprediksi, menyilkan dan mengambil tindakan harus ada perlakuan beda untuk persiapan lomba tahun ini.

Dikomandani Bapak Karyanto selaku Kapro(sekarang Kakom) menggalang kebersamaan untuk mempersiapkan dua siswa kelas XII yang hal ini diwakili oleh FX. Adyk Hermawan dan Addri Muralata dari XII TMO. B dengan bekal yang dinilai cukup lengkap. Mulai senin,12 Iktober 2009 sampai jumat,16 Oktober 2009, dua siswa ini dikarantina di bengkel otomotif untuk mendapatkan pelatihan yang efektif. Tidak kenal lelah, didampingi Pak Oscar untuk Tune Up Engine,waktu yang disediakan 30 menit untuk melakukan job yang mencakup 6 sub job ini.

Dengan peralatan yang terbatas,tetapi tidak menghambat untuk tetap melatih siswa,semua trouble yang ditemukan bisa ditemukan dan diatasi dengan cepat. Pak Widodo ikut andil,..memegang Job Engine Mechanical pak guru yang satu ini mendampingi dengan beberapa peralatan yang alhasil juga cuma pinjaman dari jurusan mesin "tidak masalah",kata pak Widodo. 

Bapak Sutrisno tidak mau ketinggalan, dengan slogan semua bisa dan akan lebih baik dilakukan jika bersama,maka Beliau mendampingi pada materi lomba Manual Transmission, dengan waktu 30 menit Adyk dan Addri harus merampungkan bongkar,pengetesan transmisi dan assembling MT Gear Box keep fight.

Bapak Karyanto selaku Kakom tetap ingin terlibat,kompeten di bidang braking syetem,maka Beliau menempa 2 siswa ini dalam hal menghentikan mobil tanpa banting..30 menit waktu untuk service brake mechanisme system dan measuring the mechanical brake begitu bersemangat.

Didampingi Pak Awan, Starting system menjadi lebih siap untuk di ujikan.."dengan waktu 15 menit,kami siap pak,terbukti kami hanya butuh 11 menit 32 detik untuk bongkar,pengukuran,pemeriksaan komponen,assembly,pengetesan",kata mereka.Tidak ada masalah yang berarti,mereka siap tempur. Pak Tomas Ari dengan getolnya mendampingi di bagian Charging system,dibuatkan trouble agar siswa siap dengan masalah yang mungkin muncul,alhasil soal ngecash aki dirasa tidak masalah dalam waktu 15 menit juga, siswa diharuskan menyelasaikan dan mengatasi semua problem,tidak ketinggalan disertia dengan measurement,maka sistem pengisian terasa mudah. Bapak guru yang masih kuliah di UNY, guru baru yang notabene alumni 2005 ini menegaskan tentang Car Body Electrical System tidak susah.Ya,adalah Pak Andreas Dwigati.

Sekalipun baru satu bulan di Leonardo,tapi semangat untuk menjadikan jurusan otomotif lebih maju sudah terasa. Semua kegiatan persiapan ini tidak akan berjalan jika tidak ada Bapak Yohanes Nurhadi,berjuluk "The Best Toolman of the year",bapak toolman kita ini begitu antusias dan tidak pernah lelah dan mengkondisikan segala sesuatunya agar lancar. Berbagai usaha, cara dan keputusan dari pembicaraan yang matang telah dilakukan.Apapun hasilnya,tinggal tunggu saja. Menang atau kalah paling tidak semua sudah terlibat dan mengusahakan,jika menang puji Tuhan,kalopun terpaksanya belum menang,..tidak usah saling menyalahkan dan mengemukakan kekurangan satu sama lain. Konsepnya,kita juara. Doakan kami. Hidup Leonardo. L.A.Winarno Tks 





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 35.172.195.49 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/