SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


01.03.2007 15:47:57 913x dibaca.
ARTIKEL
MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR

Kita menyadari bahwa tujuan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) adalah menyiapkan peserta didik memasuki dunia kerja berbeda dengan Sekolah Menengah Atas ( SMA ) yang mempunyai tujuan menyiapkan peserta didik untuk memasuki jenjang pendidikan lebih tinggi ( Perguruan Tinggi:Universitas, Politeknik, Sekolah Tinggi ). Maka sudah barang tentu untuk SMK dikenakan dengan sistem kompetensi dalam mata diklatnya. Diaharapkan peserta didik tidak hanya mampu dalam berteori namun tentunya menguasai dalam prakti secara langsung dilapangan baik dalam laboratorium/bengkel sekolah maupun dalam dalam Industri sewaktu praktik kerja industri /prakerind.

Untuk ujian akhir, selain ujian sekolah semua mata diklat yang diajarkan dan ujian nasional yang meliputi Matematika, Bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia ditambah satu diklat Program keahlian/Kejuruan yang disebut dengan Tugas Akhir atau Uji Kompetensi dengan penilaian dari Industri.

Seperti halnya yang dicanangkan dalam program direktorat pembina SMK mencanangkan 10 % lulusan SMK bisa berkerja mandiri / wirausaha / juragan, sekolah SMK pada umumnya juga mengkondisikan hal demikian. SMK Leonardo Klaten dalam mengusahakan terciptanya Jiwa Kewirausahaan pada peserta didik dengan memberikan materi kewirausahaan pada semua tingkat dan juga menambah jumlah jam praktik. Selain itu program praktik kerja industri dan kunjungan perusahaan kita usahakan secara maksimal agar peserta didik mempunyai dan termotivasi sejak dini untuk menjadi entrepreneur.

Tidak kita pungkiri, bahwa kendala yang dihadapi amat riil yaitu belum tersedianya SDM/guru kewirausahaan yang mempunyai kompetensi baku malah kebanyakan mereka karena orang-orang yang mau dan peduli sehingga pendalaman materi ditingkatkan sambil jalan karena mereka juga mengajar mata diklat baku. Tentang alat di bengkel-bengkel, kita akui masih jauh dari harapan. Sekolah dituntut untuk mengadakan revitalisasi agar tidak amat sangat tertinggal dengan dunia industri. Karena tidak mungkin mengadakan alat-alat berat yang harganya tinggi, maka sekolah mencoba menjalin kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri.

Dalam pembelajaran, sekolah mencoba menekankan kepada peserta didik akan unsur-unsur penting dalam membangun sikap dan perilaku entrepreneur dalam diri. Unsur-unsur penting tersebut diantaranya :
Destiny berarti takdir, yaitu bukan nasib namun lebih merupakan tujuan hidup. Dengan demikian memiliki tujuan hidup yang artinya mengetahui dan sadar kemana kita akan pergi dan apa yang hendak kita capai. Tujuan dan misi hidup adalah fondasi awal untuk menjadi seorang wirausahawan yang suskses.
Keberanian (courage) untuk memulai adalah langkah penting. Banyak orang mempunyai ide dan gagasan hebat, tetapi orang tersebut tidak pernah berani mencoba dan memulainya. Mereka takut resiko gagal dan takut menderita kerugian jadinya ya hanya menjadi suskses dalam angan-angan saja.
Action yaitu mencoba dan melakukan, merupakan langkah awal kesusksesan seorang wirausahawan sejati. Mewujudkan impian, cita-cita besar dengan mengkolaborasi dengan kreativitas dalam suatu action, adalah langkah komprehensip dalam mewujudkan jiwa entrepreneur dalam diri.

Marilah kita songsong masa depan dengan mencari bekal sebanyak-banyaknya untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur dalam diri generasi muda kita. Semoga angkatan kerja muda kita makin berkualitas dan mampu bersaing dengan tenaga kerja negara tetangga. Semoga.


Trinugroho, ST

Sumber :
Aribowo P, Sri Bawono, 2004, The Power Entrepreneurial Intelligence, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 35.172.195.49 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/