SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


19.10.2007 14:37:09 1028x dibaca.
ARTIKEL
MENYIAPKAN DIRI MENJADI MANUSIA YANG PEKA TERHADAP PERKEMBANGAN JAMAN DAN MORDERNISASI TEKNOLOGI

Dalam perkembangan jaman dewasa ini generasi muda khususnya perlu belajar yang lebih keras dan terus belajar sesuai tuntutan jaman dan perkembangan teknologi yang makin modern. Karena tanpa disadari bahwa dunia akan semakin hari semakin maju oleh arus informasi dan pertumbuhan manusia yang tidak terkendali, sehingga bagi generasi muda yang tidak mau tanggap dan selalu berusaha akan makin ketinggalan informasi dan teknologi terbaru, untuk itu dibutuhkan kecepatan bergerak dan bertindak dalam berpikir untuk mengikuti arus tersebut, maka dibutuhkan langkah langkah yang lebih konstruktif dan terprogram sesuai kemampuan masing – masing. Adapun langkah – langkah tersebut antara lain :

  1. Disiplin dimulai dari diri sendiri. Pengalaman membuktikan, bahwa dengan kita disiplin yang dimulai dari pribadi sendiri, akan sangat membantu untuk membentuk karakter seseorang menjadi lebih percaya diri dan selalu siap dalam menghadapi segala hal, dalam hal ini dapat dimulai dari aktivitas sehari-hari yang selalu direncanakan/diagendakan dengan catatan-catatan kecil yang dibuat dalam kertas dan selalu ditempatkan pada tempat yang setiap saat dapat terlihat oleh diri sendiri. Selalu berusaha tepat waktu dalam memenuhi jadwal kegiatan tersebut baik kegiatan formal maupun non formal.
  2. Selalu peka terhadap situasi. Belajar yang tak pernah habis merupakan semangat yang menguntungkan, karena bila kita belajar terhadap lingkungan diri sendiri saja, kita akan mampu menemukan banyak hal yang dapat melatih kita selalu peka terhadap perkembangan jaman dan informasi teknologi masa kini, semisal belajar melalui informasi media cetak, eletronik dan sebagainya. Belajar terhadap situasi keluarga / rumah tangga dimana kita mau untuk berpartisipasi terhadap kepentingan bersama dalam rumah tangga, tanpa membedakan kepentingan untuk siapa. Dalam lingkungan kerja / kantor/ sekolah, melaksanakan tugas dengan baik dan siap membantu untuk mengerjakan kepentingan umum, tanpa harus melihat kita jabatan/kedudukannya apa, dan banyak hal lain yang masih dapat kita dilakukan.
  3. Berpikir kreatif. Tidak mudah puas terhadap apa yang kita kerjakan hari ini, tapi selalu berusahan untuk dapat mengerjakan pekerjaan yang lebih baik dari hari ini dan berusaha menciptakan hal baru yang ada dalam pikiran kita hari ini untuk hari esok.


FL. Harnito, Guru Teknik Pemesinan dan aktivis kepanduan





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 3.226.254.115 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/