SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


20.10.2007 14:24:08 724x dibaca.
ARTIKEL
MENYIKAPI TERHADAP PERUBAHAN

Untuk menghadapi perubahan dan perkembangan di segala bidang kehidupan maka perlu mengantisipasinya dengan menyikapnya dengan positif. Tantangan ke depan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju tidak mungkin akan berdiam diri. Kalau menyikapinya dengan pesimis dan pasrah terhadap keadaan dan tidak ada keinginan untuk merubah maka dalam menghadapi perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat bersiap-siaplah masuk kedalam tempat sampah, yang berarti kita tidak ada artinya dan tidak ada gunanya dalam hidup.

Dunia yang semakin cepat berkembang, yang biasa disebut dengan globalisasi menjadikan segalanya semakin dekat. Kita bisa merasakan dan mengalaminya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya yang tadinya internasional menjadi nasional, dan yang jauh semakin menjadi dekat. Acara live sepak bola liga Spanyol tidak perlu kita datang ke Barcelona, kita dirumah sambil menyiapkan minum dan makanan kesukaan kita dapat menonton dan menikmatinya.

Semua informasi dapat kita terima dengan mudahnya. Bagaimana sikap kita terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta nilai-nilai yang masuk ? Untuk menjawab pertanyaan itu mudah tetapi juga sulit. Mari kita coba lihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terlebih dahulu, ternyata iptek dapat memudahkan kerja manusia dan membantu untuk meringankan kerja manusia. Hampir semua kantor pemerintah dan instansi swasta, mahasiswa, pelajar dan lainnya menggunakan teknologi khususnya komputer.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa iptek dapat membantu manusia. Tetapi ingat jangan sampai kita menjadi budak teknologi. Bagaiman kita ? Tentu, kita harus mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi untuk menjadi manusia yang berkualitas, manusia yang unggul dalam segalanya. Tentu jangan lupa dengan globalisasi masuk nilai-nilai baru yang harus kita sikapi dengan hati-hati. Konsumerisme, hedonisme, serta pola-pola hidup telah mempengaruhi dan tidak sedikit dari masyarakat telah mengikuti pola hidup itu. Masyarakat metropolis adalah salah satu contoh, bahkan masyarakat yang ada di pedesaan juga demikian.

Maka solusi yang baik menurut kami adalah bersikap selektif dalam menerima nilai-nilai baru itu terutama nilai-nilai yang sesuai dengan nilai budaya bangsa kita terima dan nilai yang tidak sesuai kita tolak. Bangsa Indonesia harus memiliki karakter dan kepribadian, bukan bangsa yang mudah menerima dan mengadopsi nilai-nilai asing. Kesimpulan Perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa kita menolaknya, kita harus mengikutinya tetapi jangan kita diperbudak oleh teknologi. Sikap kita terhadap masuknya nilai-nilai baru adalah bersikap selektif sehingga tetap memiliki kepribadian ( G. Herlambang, Guru PKn )





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 3.226.254.115 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/