SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


04.11.2007 15:46:11 724x dibaca.
ARTIKEL
PEMUDA GENERASI PENERUS

Kalau kita bicara soal generasi muda,ternyata sejak dahulu sampai sekarang memegang peranan penting.Sejarah membuktikan dengan berbagai peristiwa yang menyangkut peran kaum muda antara lain: Tahun 1908 dengan berdirinya Budi Utomo , tahun 1928 dengan peristiwa Sumpah Pemuda, Peristiwa sekitar Proklamasi 17 agustus 1945, Peristiwa 10 November 1945 di Hotel Yamato Surabaya,Peristiwa Tatun 1966 maupun Peristiwa Reformasi yang saat ini baru kita rasakan.

Beranjak dari Peristiwa-peristiwa tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa generasi muda adalah generasi yang suka akan perubahan. Bagaimana dengan kita saat ini ? Sebagai generasi muda tentunya kita sadar bahwa keberadaan kita saat ini tidak terlepas dari apa yang terjadi pada masa lampau. Perjuangan para pendahulu kita yang saat ini kita rasakan harus kita teruskan terutama dalam mengejar ketinggal-ketinggalan jaman dan mengisinya dengan kegiatan –kegiatan yang positif, kreatif dan inovatif. Kami nyakin jika generasi muda saat ini melakukan aktifitas yang positif dan kreatif serta inovatif niscaya kita akan dapat mengejar ketinggalan kita.

Untuk dapat mengejar ketinggalan dengan bangsa lain,alangkah baiknya kita belajar dari sejarah Jepang. Bangsa Jepang sebelum Restorasi Meiji melaksanakan poltik Isolasi yang berarti menutup diri dari pengaruh bangsa asing dan yang berkuasa pada waktu itu kelompok Shuogun. Saat melaksanakan Politik Isolasi Jepang merasa super,hebat segalanya. Namun hal itu memancing bangsa lain seperti Inggris dan Amerika untuk menyerbu Jepang dan akhirnya Jepang kalah dan bangsa asing menduduki Jepang. Sejak itulah bangsa Jepang terbuka bagi bangsa asing dan berakhirlah kekuasaan Shougun  Sementara rakyat Jepang muncul perasaan anti Shuogun dan muncul gerakan kembali ke Tenno.

Akhibatnya Meiji menjadi Tenno. Sebagai Tenno yang baru ,Meiji bercita-cita untuk mengejar ketinggalan yang selama ini Jepang rasakan. Maka Ia memerintahkan rakyatnya untuk belajar keluar negri,seperti ke Inggris, Amerika maupun Jerman,alhasil Jepang dapat mengejar ketinggalnya bahkan dalam Perang dunia Kedua Jepang pun ikut terlibat meskipun kalah.

Setelah Perang Dunia kedua pun meskipun porak poranda Jepang selanjutnya juga bangkit dan kembali belajar dengan bangsa asing baik dalam bidang ekonomi maupun ternik ke negara Asing, termasuk Amerika. Hasilnya Jepang saat ini dapat mengejar ketinggalannya,bahkan mengungguli gurunya. Setelah kita belajar dari sejarah Jepang,bagaiman tindakan kita sebagai generasi muda, kita tidak boleh putus asa jika mengalami kegagal, mari kita kejar ketinggalan ketinggalan serta kita perjuangan para pahlawan kita, niscaya Tuhan akan memberikan jalan. Amin. Paulus Suharno, Guru IPS





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 35.172.195.49 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/