SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


17.10.2009 08:07:04 5261x dibaca.
ARTIKEL
PEMUKA AGAMA

Dalam bulan september hingga oktober, para siswa-siswi SMK Leonardo KLaten disibukkan dengan kegiatan interview kepada Para Pemuka agama-agama yang berada dalam lingkungan hidup iman mereka. Mereka mendalami tentang pemuka agama-agama beserta tugas pelayanan dan hal-hal yang bisa dilakukan untuk membantu tugas pelayanan pemuka agama-agama itu. Teknis pelaksanaan tugas itu dibagi dalam beberapa tahap :

1. Membagi dalam kelompok peserta didik yang didalamnya terdapat para siswa yang heterogen agamanya.

2. Menunjuk ketua kelompok untuk bertanggungjawab terhadap tugas dan anggota.

3. Ketua Kelompok yang ditunjuk tentunya sesuai antara agamanya dan keyakinan pemuka agama yang harus dikunjungi.

4. Melaporkan hasil interview dengan presentasi di kelas

5. Hasil sebagai bentuk ulangan atau tugas murni.

Tujuan dari tema ini, selain yang tertera dalam kurikulum atau Silabus adalah:

1. Membentuk manusia yang terbuka, toleran dan menghargai.
2. Sadar akan tugas sebagi umat dalam mendukung karya pelayanan pemuka agama.
3. Memupuk sikap berani menyampaikan ide, pertanyaan dan mempertanggungjawabkan.
4. dll.

 

Inilah hasil ringkasan dari hasil belajar siswa kelas XI SMK Leonardo dalam mendalami Tema Pemuka Agama :

I. Pemuka Agama Budha Agama Budha berasal dari Sidharta Gautama (554-478 SM) ia adalah seorang Pangeran yang hidup dibesarkan dan dididik dalam lingkungan agama Hindu di India Utara, oleh karena kenyataan hidup masyarakat yang menderita, berpenyakit akhirnya Sidharta Gautama keluar dari kenyataan hidup mewah dan berusaha untuk mencari pencerahan hidup.

 

Oleh karena keteladanan hidup Sang Budha maka Pemuka agama Budha dituntut hidup sesuai dengan ajaran Budha yang tercantum salah satunya dalam Catur Arya Satya atau Empat kenyataan hidup yang isinya adalah :
a. Segala bentuk hidup adalah Penderitaan
b. Penderitaan disebabkan oleh nafsu
c. Nafsu dapat dilenyapkan d. Jalan pelenyapan nafsu dengan Asta Arya Marga atau Delapan Jalan Kebenaran yang isinya adalah :
a. Berkeyakinan benar
b. Berpikir benar
c. Berkata benar
d. Bertindak benar
e. Daya upaya benar
f. Penghidupan benar
g. Perhatian benar
h. Semedi atau berdoa yang benar.

 

Pemuka Agama Budha

1. Biksu / Biksuni Para biksu adalah seorang pemuka agama yang berusaha meneladan hidup Sang Budha dengan hidup Wadat/Selibat/ tidak menikah, hal itu dilakukan untuk tujuan supaya dapat melayani umat dan sesama dengan sempurna, ia meninggalkan kesenangan dunia dengan askese badani dan budi, tugasnya adalah : membabarkan sabda dan Menafsirkan Sabda.

2. Pandita / Romo Para Pandita atau Romo dalam agama Budha adalah bagian dalam kalangan umat terpilih dapat membangun keluarga dan mereka adalah orang terdidik.Tugas mereka adalah membimbing dan membina umat dengan jalan pembabaran dharma serta memberikan pelayanan-pelayanan pada umat.

3. Upasaka Pemuka agama ini dikatakan sebagai kelompok awam semi biarawan karena mereka terikat dalam aturan hidup membiara yang diantaranya aturan itu adalah :
a. Larangan untuk membunuh
b. Larangan untuk bermabuk-mabukan
c. Larangan untuk berdusta
d. Larangan untuk berbuat cabul
e. Larangan untuk mencuri.

 

II. Agama Hindu Dharma Dalam agama hindu terdapat banyak aliran dan kelompok, salah satunya yang ada di Indonesia sejak Mahasaba Parisada Hindu Dharma tahun 1993 disebut sebagai agama Hindu. Semula agama ini dikenal dengan nama Hindu Bali, karena didalamnya terdapat banyak unsur agama bali asli.proses Hinduisasi pulau bali telah mulai sebelum tahun 1000, merupakan proses integrasi hindu dan budaya Bali.

Pemuka agama

1.Pedande (sulinggih) Para Pedande jaran ditemua di pura-pura untuk upacara, fungsi utama para Pedande (hanya berjumlah 500 orang)adalah upacara harian pada Pamrajan(Pura Rumah Tangga).Upacara ini untuk penahbisan Tirta. Dan yang dapat menjadi Pedande adalah mereka yang berasal dari kasta Brahmana.

2.Pemangku Para Pemangku seringkali dapat ditemui dalam upacara-upacara di Pura, tugas mereka adalah memimpin upacara di Pura.

3.Sengguhu Sengguhu adalah pandita untuk golongan kasta rendah biasanya sudra, mempersembahkan untuk tokoh-tokoh alam bawah (laut, bumi dll) seperti untuk Dewa Wisnu.

 

III. Agama Islam

1.Islam dan Umat Islam. Islam (bahasa Arab SLM, aslama) berarti penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah, masuk dalam suasana damai ,sejahtera dan hubungan serasi antara sesama manusia dan manusia dengan Allah. Pemeluk agama pria disebut Muslim(Muslimin jamak) sedangkan wanita sdisebut muslimah (Muslimat jamak) Umat islam mengimani bahwa islam seluruhnya secara lengkap sebagai suatu sistem berasal dari Allah sendiri yang mewahyukan kepada nabi Muhammad SAW. Dengan perantaraan malaikat Jibril.

Umat muslim adalah umat yang terjalin erat berkat iman pada agama yang sama, persekutuan muslim ini disebut ummat atau umat sedangkan Ikatan berdasarakan Persudaraan atas agama yang sama disebut Ukhuwah Islamiah.Ummah dipimpih oleh seorang yang disebut Kalifah, yang berarti wakil atau pengganti. Dia menggantikan kedudukan nabi Muhammad SAW, bukan sebagai Nabi dan Rasul melainkan sebagai pemimpin formal dalam masyarakat islam.

 

2.Tauhid. Islam merupakan agama Monotheisme dengan tekanan yang amat kuat pada Allah Yang Maha Besar, monotheisme Islam disebut dengan istilah Tauhid, dan tidak ada toleransi terhadap apapun yang dapat mengaburkan ke Esa-an Tuhan.

 

3.Iman Islam. Kesaksian pokok iman Islam dirumuskan dalam kalimat syahadat yang terdiri dua kalimat yang pertama; kesaksian atas Tuhan Yang Maha Esa, dan yang kedua; Kesaksian atas Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul Allah.Kalimat ini diucapkan dalam upacara inisiasi dan akad nikah dan pada saat-saat tertentu. Pemuka Agama Islam Para pemuka agama ini sama dengan pemuka agama yang lain yang berkewajiban mengajarkan kebenaran-kebenaran islam kepada umat, namun terdapat beberapa perbedaan tugas yang definitive bagi para pemuka agama itu.

1.Ulama Para ulama adalah mereka yang mempunyai keunggulan dalam bidang agama dan iman yang dapat mengajar dalam kebijaksanaan yang batiniah yang didapat atas dasar hubungan yang personal dengan Allah, sehingga para ulama adalah sumber pertimbangan iman umat.

2.Kyai Para Kyai sama dengan para Ulama yaitu mempunyai tugas mengajar demi perkembangan keimanan umat, namun para kyai lebih menekankan segi praktis metodis, dan para kyai lebih banyak berkarya dalam bidang pendidikan iman formal maupun tidak formal.

3.Dai adalah mereka yang mendampingi umat dengan berbagai pengajaran, hampir sama dengan para kyai yang juga mempunyai tugas menjaga iman umat, para dai cenderung terjun langsung dalam mimbar-mimbar bersama untuk memperdalam keimanan islam.





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 18.205.176.85 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/