SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


20.10.2007 14:33:44 634x dibaca.
ARTIKEL
PENGEMBANGAN KECERDASAN HEART DI SMK LEONARDO KLATEN SEBUAH HARAPAN

Tujuan pendidikan di Indonesia mencakup 3 esensi kecederdasan yakni kecerdasan brain, kecerdasan hand , dan kecederdasan heart. Ketiga aspek tersebut idealnya berkembang secara selaras dan seimbang. Kecerdasan brain berkaitan dengan kemampuan otak . Kecedadasan hand merupakan kemampauan yang bekaitan dengan keterampilan tangan. Dan kecedasan hart itu pehubungan dengan afeksi / perasaan. Dua kecerdasan yakni kemampuan otak dan dan keterampilan tangan sudah diupayakan bergitu rupa dan tertera dalam program kurikulum sekolah. Bahkan alokasi waktu yang digunakan untuk mencapaia hal itu sangat padat . Terbukti dengan penambahan jam ke-9 dan jam praktik sampai 17.00. Sebuah muatan yang mestinya dapat digunakan utnuk membekali siswa sehingga siswa benar-benar siap menapaki masa depannya. Satu program yang mestinya dikembangkan secara selaras dengan itu adalah pengembangan kecerdasan heart.

Nampaknya kecerdasan terakhir inilah yang perlu dipikirkan demi pembentukan lulusan SMK Leonardo, menjadi mausia yang seutuhnya. Selayaknya dibentuk suatu model pengembangan diri yang sungguh dibutuhkan untuk siswa. Memang tidak mudah dilakukan. Pengembangan diri merupakan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bagian integral dari kurikulum. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan kecerdasan heart seperti pembentukan watak dan kepribadian siswa yang dilakukan melalui pelayanan konseling berkenaan dengan masalah pribadai dan kehidupan social, kegiatan belajar.

Tujuan pengembangan diri adalah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri. Pengembangan diri ini mencakup pengembangan : bakat, minat, kreativitas, kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, kemampuan hidup keagamaan, kempuan sosial, kemampuan belajar, wawasan dan perencanaan kareir, kemampuan memecahkan masalah, dan kemandirian. Untuk mengembangkan hal di atas model pendampingan yang paling tepat adalah dengan mengefektifakan bimbingan konseling.

Konseling merupakan pelayanan bantuan untuk siswa , baik secara perorangan maupun kelompok agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan social, kemampuan belajar , dan perencanaan karier, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma-norma yang belaku. Selayaknya perlu ditingkat pelaksanaan kegiatan konseling dibuat model pelayanan secara : 1. Idividual, yakni format kegiatan pelayanan siswa secara perseorangan, 2. Kelompok, yakni pelayanan kepada sejumlah siswa melalaui dinamika kelompok., 3.Klasikal , yakni pelayanan kepada sejumlah peseta didik,. 4.Lapangan, Yakni pelayanan sesorang atau sejumlah siswa di luar kelas / lapangan, 5. Pendekatan khusus, yakni pelayanan peserta didik melalaui pendekatan dengan pika-pihak yang dapat memberi kemudahan.

Model ini harus menjadi hal yang yang perlu diupayakankan oleh lembaga SMK Leonardo dalam rangka membentuk maanusia Indonesia seturut dengan tuntutan pendidikan nasional kita. Mg. Dra. Mg. Margini, Guru SMK Leonardo Klaten.





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 3.226.254.115 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/