SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


15.05.2008 11:32:44 735x dibaca.
ARTIKEL
PENYIAPAN PEMBELAJARAN

Pembelajaran merupakan suatu proses menyiapkan peserta diklat; didampingi untuk mendapatkan pengetahuan, menggunakannya, hingga mempunyai sikap kritis atas tugas yang dikerjakan. Dengan demikian peserta diklat mampu menyusun dan mengerjakan tugas secara kompeten. Beberapa point untuk bisa menjadikan acuan adalah sbb:

¨  Dalam menganalisis suatu pekerjaan kita perlu menguraikannya menjadi komponen-komponen yang lebih kecil yang disebut dengan tugas kerja. Selanjutnya suatu tugas kerja masih perlu dijabarkan dalam langkah-langkah, pengetahaun pendukung dan sikap. Secara konkret kita harus sampai menuliskan sbb:

  1. Semua perbedaan, langkah –langkah prosedural
  2. Fakta, konsep dan pengetahuan yang lainnya
  3. Nilai dan sikap kritis


¨  Setiap langkah yang diurai harus benar-benar dijalankan dan didokumentasikan secara baik. Dalam hal ini sering kali pengetahuan teknik diperlukan karena berkaitan langsung dengan pengetahuan, sehingga ia akan berkaitan langsung dengan performa setiap langkah kerja tersebut.

¨  Format analisis tugas kerja yang dipilih bertujuan untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang aktual untuk melaksanakan tugas kerja. Disinilah perlunya kreatifitas untuk membuat format yang mampu memudahkan peserta diklat paham.

¨ Ruang dan alat-alat khusus dalam melaksanakan tugas kerja perlu dikenalkan secara rinci dan menarik sehingga benar-benar bisa dikuasai secara cermat dan cepat.

¨  Informasi lain yang berkaitan dengan suatu tugas kerja meski tidak secara langsung harus dipelajari dengan benar.

¨  Dalam keseluruhan tugas kerja hal yang tidak kalah pentingnya adalah tentang keselamatan kerja. Untuk itu hal ini perlu ditekankan pada langkah-langkah kerja sehingga pekerjaan tidak tertunda oleh kecerobohan kita. Keselamatan bisa berarti keselamatan diri (manusia) maupun alat dan produk.

¨ Diharapkan  pembelajaran yang dikembangkan untuk tugas kerja dapat memperlakukan komponen-komponen secara menyeluruh, maka perlu dibuat daftar pengetahuan, ketrampilan dan sikap khusus yang diperlukan untuk melaksanakan suatu tugas kerja secara lengkap pada sebuah form.

Modul/Job Sheet dalam pembelajran terutama materi produktif/praktik harus mampu mengakomodasi semua peserta diklat yang beragam. Oleh karena itu selain langkah-langkah kerja yang harus baik dan jelas, juga masih diperlukannya pendampingan secara personal demi ketercapaian hasil masing masing peserta diklat secara maksimal. Br. Titus Totok Trinugroho, ST





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 18.205.176.85 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/