SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


17.02.2007 09:49:25 1725x dibaca.
ARTIKEL
PERAN PENDIDIKAN DALAM MENCERDASKAN BANGSA

Peran Pendidikan dalam Mencerdaskan Bangsa

Dalam pendidikan harus ada sebuah dimensi moral dan tanggung jawab yang diberikan kepada anak didik ketika dia mendapat pengetahuan dari sekolah. Pendidikan yang terutama untuk rakyat, termasuk untuk mereka yang miskin. Di tengah maraknya kemiskinan dan ketertinggalan, pendidikan harus turut menanamkan kepedulian kepada lingkungan dan masyarakat. Tanpa misi itu, pendidikan tidak akan terkait dengan upaya keluar dari kemiskinan.
Pendidikan diperuntukkan bagi semua, termasuk mereka yang berkelainan fisik, dan membutuhkan pelayanan secara khusus. Hal ini sesuai dengan semangat Deklarasi Salamanca 1994 dan UU Sistem Pendidikan Nasional, anak berkelainan harus mendapatkan pendidikan setara dengan anak-anak yang lainnya.


Perlu mendapat perhatian adalah optimalisasi peran Guru dalam proses belajar mengajar di kelas. Hal ini membutuhkan kompetensi Guru yang sangat mendasar. Kiranya perlu dikembangkan sebuah program yang dapat meningkatkan intelektualitas guru, sehingga Guru diharapkan dapat mengikuti perkembangan dunia secara cermat, akan selalu mendapatkan hal baru dan melakukan hal baru pula.


Dalam menunjang hal tersebut, kiranya tidak kalah penting adalah fungsi dan peran perpustakaan. Sampai saat ini kondisi perpustakaan baik perpustakaan umum maupun perpustakaan sekolah, sebagian besar masih menghadapi kendala baik koleksi buku ataupun pengelolaannya. Agar peran, tugas dan aset-aset Guru lebih terjamin, organisasi profesi Guru sebaiknya dikukuhkan badan hukum. Persyaratan berbadan hukum itu bertujuan agar organisasi profesi Guru bertanggung jawab pada anggota-anggotanya, pada masyarakat yang dilayaninya dan pada negara.


Bangsa Indonesia sudah lebih dari 61 tahun merdeka, itu berarti kita telah cukup waktu mengelola pendidikan yang dimaksudkan sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa. Seperti apa hasil pendidikan kita? Kita perlu melihat dan merefleksikan apa dan mengapa demikian kusam yang terjadi dengan pendidikan bangsa kita. Kalau kita mencoba melihat lebih mendalam pertannyaannya adalah bagaimana visi dan misi dengan sistem pendidikan kita?
Kebijakan pemerintah pusat yang sering kali bongkar pasang baik personil maupun kurikulumnya, ini kiranya perlu mendapatkan perhatian dan keprihatinan. Hal ini juga kita temukan di tingkat daerah orang yang mestinya memberikan arah jelas, ternyata jauh dari kompetensi yang seharusnya. Tentu saja hal ini berdampak pada respon dan kwalitas Guru dalam mengajar di kelas.


Begitu sering diadakan pelatihan-pelatihan, namun karena tidak ada arah yang jelas, maka juga hasilnya tidak nampak bagi perkembangannya. Selain itu sarana prasarana penting misalnya buku sebagai bahan kajian dan referensi kurang mendapat perhatian dinas pendidikan ataupun sekolah. Justru yang terjadi banyak masalah berhubungan dengan pengadaan buku-buku yang mengindikasikan adanya sistem proyek yang tidak sehat.


Bantuan dari pemerintah yang tidak kecil belum juga dapat dirasakan peserta didik secara nyata. Dalam hal ini kita disulitkan dengan birokrasi dan administrasi. Hal ini tentu menyita perhatian Guru yang harusnya mengajar di kelas banyak direpotkan akan hal-hal yang bukan menjadi Tugas urgennya. Kapankan hal ini akan berakhir? Untuk keluar dari persoalan ini ibarat mengurai benang kusut, dari mana akan memulainya.

Tidak bisa lain yaitu diperlukannya penyadaran dan komitmen bersama dengan berbesar hati evaluasi dan berbenah total dari visi dan misi sampai pada tingkat pelaku di lapangan dengan tekat bulat kita mau menjadikan bangsa ini lebih maju dan beradab sehingga masih mampu bersaing dengan negara-negara lain. Semoga !!!


Bro. Titus Totok - Klaten





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 35.172.195.49 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/