SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 18 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


19.10.2007 14:08:11 906x dibaca.
ARTIKEL
PROGRAM STUDI MEKATRONIKA

SMK Leonardo sebagai SMK berkeinginan untuk membuka program keahlian baru. Hal ini memerlukan pengkajian yang mendalam sebelum benar-benar terlaksana.

Pertama, dari segi input siswa.
Beberapa tahun terakhir ini jumlah pendaftar di SMK Leonardo berkisar antara 300 sampai dengan 350 orang, sedangkan yang diterima sejumlah 170 orang atau sekitar 50% pendaftar. Dari segi jumlah kemungkinan besar dapat dipenuhi tetapi hal tersebut bisa mengorbankan kualitas masukan yang ada, dalam arti peringkat yang sebelumnya termasuk dalam calon siswa yang tidak diterima karena nilainya kurang akan tetap diterima di tahun yang akan datang.

Kedua, dari segi proses.
Segi ini dapat dibagi dari sumber daya pengajar, peralatan, dan siswa. Sumberdaya manusia yang ada terutama dari guru pengajar tampaknya tidak begitu bermasalah, karena pada dasarnya program studi mekatronika terdiri dari 50% kemampuan program studi pemesinan dan 50% program studi elektronika. Namun demikian, kiranya masih perlu pelatihan pada guru yang hanya menguasai kelistrikan tetapi tidak memahami elektronika. Peralatan yang ada masih perlu ditambah, karena sebelumnya yang dimiliki adalah peralatan yang berkaitan dengan kelistrikan bukan elektronika, sehingga kesesuaian peralatan diperkirakan sekitar 30%. Sedangkan untuk segi pemesinan kelihatan lebih siap karena beberapa waktu terakhir ini sekolah menitikberatkan penambahan peralatan yang jauh lebih banyak dari program studi lain.

Ketiga, kemampuan logika siswa yang diterima juga menjadi modal utama.
Hal ini perlu diwaspadai dan menjadi prioritas untuk bisa ditingkatkan. Pengalaman selama ini menunjukan bahwa kemampuan logika siswa yang diterima cukup rendah, bahkan siswa yang mempunyai kemampuan logika yang memadai untuk pemrograman digital hanya mencapai dua sampai lima orang dalam satu kelas. Untuk meningkatkan kemampuan ini kelihatannya cukup berat mengingat segi input yang telah dijelaskan di atas.

Keempat, ditinjau dari segi output atau outcome.
Program studi ini belum ada satu sekolah pun yang bias jadi acuan, karena sekolah yang telah memiliki program studi ini belum meluluskan satupun siswanya. Optimisme yang ada selama ini baru berdasarkan perkiraan bahwa dimasa depan industri-industri akan lebih menyukai lulusan SMK daripada diploma tiga karena tuntutan gaji yang lebih tinggi. Optimisme ini masih perlu bukti yang lebih lanjut, karena selama ini lowongan kerja dari perusahaan belum ada yang menyebutkan kebutuhan tenaga kerja berlatarbelakang mekatronika dari tingkat SMK. (Guru, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik / TPTL)





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 35.172.195.49 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/