SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 21 Oktober 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


04.06.2010 21:06:29 2020x dibaca.
ARTIKEL
REKOLEKSI AKHIR TINGKAT

Rekoleksi Tengah Hari SMK PL Leonardo Klaten “Iman dan Tanggung Jawabku” Tanggal 20 dan 21 Mei 2010 menjelang test semester genap. SMK Pangudi Luhur Leonardo Klaten menyelenggarakan rekoleksi tengah hari bagi siswa-siswi kelas X yang dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Mei 2010 dan siswa-siswi kelas XII pada hari Jumat, 21 Mei 2010. Pelaksanaan rekoleksi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pelaksanaan rekoleksi dilaksanakan di luar kampus SMK Lonardo. Pelaksanaan rekoleksi dilaksanakan di Panti Semedi Sangkal Putung Klaten.

Khusus pendamping rekoleksi, sekolah dibantu oleh Youth Center yang berdomisili di Paroki Salam. Tim pendamping dengan anggota 5 orang ini hadir secara khusus untuk membantu para siswa melakukan rekoleksi dengan bertemakan ”Iman dan Tanggung Jawabku”. Karena pelaksanaan dilakukan di tempat yang berbeda sehingga hal ini merupakan pengalaman baru bagi para siswa yang biasa melaksanakan rekoleksi di sekolah. Terlebih lagi bagi siswa kelas X non Katolik dan yang berasal dari SMP Negri atau SMP swasta Yayasan Nonkatolik.

Peserta rekoleksi dibagi dalam dua tempat karena jumlah peserta yang kurang memungkinkan untuk dijadikan satu tempat. Sebelum masuk pada inti rekoleksi, para peserta diajak bermain menggoyangkan badan dan bermain ”The Beat” dengan bermain tepuk tangan dengan 10 macam irama tepukan. Terdapat tiga materi rekoleksi yang disampaikan kepada peserta rekoleksi, antara lain: Who Am I, The 7 Habbits, dan Impianku. Dalam sesi pertama, peserta diajak untuk melihat kembali diri mereka masing-masing untuk mengenal lebih dalam siapa sesungguhnya mereka. Dalam pengenalan ini mereka diajak untuk melihat segala anugrah yang melekat dalam diri mereka melalui tubuh, akal budi, sifat, dan pengalaman.

Setelah mulai mengenal diri, mereka diajak untuk masuk ke sesi ”The 7 Habbits”. Dalam sesi ini mereka diajak untuk menyadari sesuatu yang perlu mereka lakukan sabagai perwujudan dari iman dan tanggung jawab mereka untuk menjadi orang yang dewasa secara utuh dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang efektif. Terdapat 7 kebiasaan yang efektif yang perlu dilakukan untuk menjadi dewasa, antara lain: Be Proactive, Begin with the End in Mind, Put First Things First, Think Win/Win, Seek First to Understand, then to be Understood, Synergize, Sharpening the Saw.

Dalam seasion ini ditampilkan pula permainan-permainan yang mendukung bahan rekoleksi. Sebelum menginjak ke seasion berikut, peserta diajak untuk membuat agenda kegiatan harian secara jelas yang akan mereka lakukan esok hari sebagai wujud tindakan menerapkan The 7 Habbits. Kemudian di seasion terakhir para peserta diperlihatkan tayangan film motivasi. Dalam film tersebut diperlihatkan orang-orang yang mampu melakukan hal-hal yang luar biasa yang mampu mengalahkan kelemahan-kelamahan yang ada dalam diri mereka. Dengan tayangan seperti ini, peserta diajak untuk mulai menyadari kekuatan suatu impian. Dengan impian yang mereka ciptakan ini akan mampu menjadi motivasi yang luar biasa untuk menghayati iman dan melaksanakan tanggung jawab di mana pun mereka berada. Terlebih mampu menjadi motivasi belajar yang juga sekaligus merupakan tanggung jawab yang perlu dilakukan seorang pelajar.

By: Widy, FIC





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 34.204.189.171 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/