SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


17.02.2007 04:23:34 707x dibaca.
ARTIKEL
TEKNOLOGI INFORMASI

TEKNOLOGI INFORMASI dalam LEMBAGA PENDIDIKAN

Kecepatan perkembangan teknologi informasi sangat tinggi sehingga sangat sulit bagi lembaga pendidikan untuk menyusun strategi mempertahankan eksistensinya dalam jangka panjang. Tiga kunci utama yang mendukung teknologi informasi untuk dijadikan aset lembaga pendidikan dalam jangka panjang yaitu sbb:

• Sumber Daya Manusia
Yang dimaksud sumber daya manusia adalah para staf penanggung jawab perencanaan dan pengembangan teknologi informasi pada sebuah lembaga pendidikan. Faktor SDM yang menjadi staf pengembangan teknologi informasi pada lembaga pendidikan harus memiliki tiga dimensi berikut.

  1. Keahlian teknis SDM untuk selalu mempelajari hal-hal baru
  2. Interaksi antar SDM yang menjadikan pengetahuan mengenai dunia pendidikan
  3. Orientasi pada pemecahan masalah

• Teknologi
Seluruh infrastruktur teknologi informasi, termasuk perangkat keras (hard-ware) dan perangkat lunak (software) digunakan secara bersama-sama dalam proses operasional lembaga pendidikan karena merupakan tulang punggung terciptanya system yang terintegrasi, dengan biaya yang relative terjangkau, untuk biaya operasional, pengembangan, maupun biaya pemeliharaan. Pada akhirnya system informasi yang dihasilkan akan memiliki potensi yang dapat dipercaya (reliable), akurat (accurate), dan konsisten (consistent).

• Relasi
Yang dimaksud dalam hal ini adalah hubungan teknologi informasi dengan pihak manajemen lembaga pendidikan sebagai pengambil keputusan (decision maker). Menjalin suatu relasi berarti membagi risiko dan tanggung jawab. Dalam mewujudkan relasi ini harus didukung oleh pimpinan tertinggi dari lembaga pendidikan sehingga akan bertanggung jawab pada aplikasi teknologi informasi yang berorientasi terhadap proses bukan berdasarkan fungsi organisasi.


Disarikan dari :
Eti Rochaety, 2005, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara,
Oleh : Trinugroho, ST





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 18.205.176.85 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/