SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Selasa, 19 November 2019  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


16.08.2007 07:43:18 730x dibaca.
ARTIKEL
UNGKAPAN SYUKUR 30 TAHUN SMK PL LEONARDO

Yang kami hormati :

  1. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Klaten
  2. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Klaten Utara
  3. Pimpinan para Bruder FIC Provinsi Indonesia
  4. Ketua Yayasan Pangudi Luhur pusat Semarang dan cabang Surakarta
  5. Para Romo, Suster dan Bruder
  6. Ketua komite SMK Leonardo Klaten dan segenap pengurus
  7.  Bapak ibu purna tugas
  8. Segenap warga SMK Leonardo Klaten Guru, karyawan, dan siswa-siswi
  9.  Para Alumni dimanapun berada dan


Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur dihadirat Tuhan yang maha Esa atas segala rahmat, berkat dan nikmatNya sehingga kita bisa bertemu berkumpul disaat yang membahagiakan ini.

Hadirin dan tahu undangan yang kami hormati, bagi SMK Leonardo usia 30 tahun dalam pelayanan pendidikan merupakan pengalaman yang sangat berharga; aneka peristiwa, kesulitan, tantangan Tuhan senantiasa berkarya berpranserta menunjukkan arah dan jalan yang menggembirakan.              Sudah selayaknya SMK Leonardo mengedepankan Kerja sama, kemitraan, dan membangun jejaring terhadap elemen-elemen masyarakat yang berkehendak baik. Dengan demikian para siswa-siswi mendapat pendampingan secara maksimal bisa menjadi pribadi yang unggul dimanapun mereka berada.

Usia yang telah mencapai 30 tahun kiranya tidak dapat dilepaskan dari dukungan banyak pihak, yang pantas kami sampaikan ucapan terima kasih, al kepada :

  1. Pemerintah, lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten Klaten
  2. Para Bruder FIC pengelola Yayasan Pangudi Luhur
  3. Pihak sponsor baik Cebemo di Nederland Belanda dan Misereor di Jerman
  4. Orang tua siswa-sisiwi yang tergabung dalam komite
  5. Dunia usaha, dunia industri dan perguruan tinggi
  6. Masyarakat Klaten pada umumnya dan secara khusus warga desa Sekarsuli


Kiranya pantaslah kami keluarga besar SMK Leonardo Klaten mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan ini dalam bentuk Misa Syukur sebagai ungkapan Iman kami. Malam tirakatan juga menyajikan pagelaran  Wayang Wahyu mengambil lakon Wahyu Jati Manunggal dengan dalang bapak  Blasius Subono dari ISI Surakarta dan hadir pula sebagai bintang tamu den baguse Ngarso dan mas Sronto dari Yogjakarta.

Merayakan Ulang Tahun SMK Leonardo artinya kita juga mengenang sosok Pendiri Sekolah ini yakni Bruder Leonardo Schrijnemakers, dilahirkan di Maastricht Nederland pada tanggal 19 Maret 1904. Sosok muda ini untuk selanjutnya masuk kongregasi Bruder FIC  dan pada tanggal 15 Agustus 1921 mengikrarkan prasetia pertamanya. Selanjutnya Br. Leonardo diberi tugas melanjutkan studi keguruan dan berturut-turut merebut ijasah-ijasah untuk bahasa Perancis, Inggris, dan Ilmu Pasti. Selaku bruder muda dia diberi tugas mengajar di Den Haag. Pada tahun 1930, Br. Leonardo dipilih dan diutus oleh Dewan Umum menjadi misionaris di Indonesia. Beliau berlima tiba di Tanjung Priok pada tanggal 6 Juni 1930.

Peranan Br. Leonardo selaku sekretaris dan pemimpin kantor pusat Yayasan Pangudi Luhur sungguh sangat mengagumkan. Beliau membangun dan mengembangkan Yayasan Pangudi Luhur tanpa kenal lelah.

Sekembali dari cuti di Nederland, pada tahun 1973 beliau dipindahkan ke Yogyakarta dan mengurus Yayasan Pangudi Luhur cabang Yogyakarta serta proyek – proyek Yayasan Pangudi Luhur termasuk STM Lembaga Pendidikan Kejuruan Teknik Yayasan Pangudi Luhur yang didirikan di Klaten  sampai saat beliau sakit.

Pada tanggal 17 Juli 1975  Br. Leonardo dibawa ke RS. Panti Rapih  karena pendarahan otak. Beliau wafat pada tanggal 26 Juli 1975 pada pukul 00.15 dan pada hari yang sama dimakamkan di peristirahatan terakhir para Bruder FIC di Ambarawa Jawa Tengah.

Bruder Leonardo, sebagai arsitek bagi SMK Leonardo baik secara fisik, kultur maupun menagement. Tuhan memanggilnya sebelum Proses pembelajaran sekolah ini dimulai. Suatu pertanda yang dapat kita maknai yaitu keiklasan dan kesiapsediaan. Semoga jiwa dan semangat Br. Leonardo memberikan inspirasi bagi kita untuk melanjutkan berjuangan dalam karya pendidikan ini.

Untuk keluarga besar SMK Leonardo, marilah moment peringatan 30 tahun SMK Leonardo dan 32 tahun wafatnya Bruder Leonardo ini kita semakin memadukan langkah, menyatukan arah sesuai visi dan misi Sekolah, Yayasan dan Pemerintah dengan lebih giat bekerja dan belajar demi perwujudan komunitas pendidikan yang lebih baik dalam menyongsong era global.

Semoga dengan momen penting ini SMK Leonardo makin meningkatkan kwalitas, sehingga menjadi pilihan dan dibutuhkan bagi masyarakat. Semoga segala usaha dan niat baik ini, Bunda Maria Pelindung Yayasan Pangudi Luhur berkenan menyertai dan Allah berkenan mengabulkanNya. Terima kasih Tuhan memberkati.

 


Klaten,  15 Agustus 2007

 

Br. Titus Totok Trinugroho, ST
Kepala SMK Leonardo Klaten





KOMENTAR
Belum ada komentar, silakan mengisi komentar melalui form berikut :


Nama
Email
Homepage
Komentar
Kode Verifikasi kode
 



^:^ : IP 35.172.195.49 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2019  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/