SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Jumat, 19 Januari 2018  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


10.10.2017 08:26:43 58x dibaca.
BERITA
PENAMPILAN TERBAIK “LEO BUDAYA” DALAM FESTIVAL KETHOPRAK KABUPATEN KLATEN

Kethoprak adalah sejenis seni pentas drama tradisional yang diyakini berasal dari Surakarta. Kethoprak lebih susah daripada drama biasa karena naskahnya menggunakan bahasa jawa. Di Kabupaten Klaten, setiap tahun diadakan festival kethoprak pelajar dari Amigo Grup dan memperebutkan piala dari Bupati Klaten. Adanya festival kethoprak pelajar diharapkan Kabupaten Klaten menjadi “Kota Kethoprak” sehingga dapat melestarikan budaya daerah agar tidak punah. Di samping itu, kethoprak pelajar bertujuan untuk menumbuhkan karakter, kreativitas, dan rasa cinta tanah air para pelajar.

Festival kethoprak pelajar tahun ini diselenggarakan di SD Kristen 3 Klaten. SMK Leonardo Klaten mengikuti festival kethoprak yang pertama kali. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentu banyak sekali persiapan, di antaranya pemilihan pemain yang ditunjuk oleh Pak Harno dan Pak Heri. Tim kethoprak SMK PL Leonardo Klaten bernama “Leo Budaya”. Mereka dilatih oleh Pak Harno dan Pak Heri, ditambah lagi oleh Pak Joko dari Omah Wayang.

Di dalam latihan, banyak sekali yang harus dipelajari seperti membaca naskah dan  mendalami karakter. Bulan Agustus tim Leo Budaya sudah mulai menghafalkan naskah dan latihan lepas teks. Pada bulan September, mereka latihan dengan menambah gerakan, blocking, dan memakai properti. Tentu ini semua ada hambatannya di antaranya waktu yang kurang karena kelas XII sedang melaksanakan Prakerin. Untuk mengatasi hambatan tersebut, Leo Budaya latihan setiap malam minggu pukul 18.00 sd pukul 21.00.

Sebelum diadakan gladi bersih, ada tempuk gending untuk menyelaraskan dialog dengan gamelan. Gladi bersih berjalan maksimal, walaupun masih ada hambatan di manajemen waktu karena properti masih gonta-ganti. Masih ada waktu buat persiapan. Sebelum tampil, tim Leo Budaya percaya diri, saling mendukung antar anggota, latihan dengan serius, dan waktu tampil harus maksimal.

Sabtu, 23 September 2017 di SD Kristen 3 Klaten, tim kethoprak SMK PL Leonardo Klaten tampil pukul 19.00. Riuh dukungan dari teman-teman, keluarga, dan para guru, membuat Leo Budaya tampil dengan penuh semangat. Leo Budaya tampil dengan mengambil lakon “Lembu Ken Sora Gugur”. Ringkasan ceritanya adalah ketika perang Bubat, Kebo Anabrang membunuh Ronggo Lawe. Lembu Ken Sora tidak terima, lalu membunuh Kebo Anabrang. Kejadian itu dimanfaatkan oleh Mahapati dengan mengadu domba penguasa Majapahit supaya Lembu Ken Sora dihukum dan mempengaruhi Mahesa Taruna untuk menuntut keadilan. Itu semua dilakukan dengan tujuan Mahapati bisa menjadi penguasa Majapahit. Leo Budaya tampil dimulai pada adegan Mahesa Taruna meminta keadilan kepada Prabu Kertarajasa Jayawardana.

Minggu, 24 September 2017 pukul 18.00 di SD Kristen 3 Klaten adalah pengumuman kejuaraan festival kethoprak pelajar. Leo Budaya mendapatkan piala sebagai Penyaji Terfavorit karena paling disukai oleh penonton dan mendapatkan piala sebagai Harapan 1 Pemeran Pembantu Wanita yaitu Ayu Lolang kelas XII TMK A berperan sebagai Nyai Nambi. Leo budaya sudah menampilkan yang terbaik. Prestasi yang memuaskan karena ini pertama kali SMK PL Leonardo mengikuti festival kethoprak pelajar. SMK PL Leonardo Klaten terus berlatih dan meningkatkan kethoprak agar di festival selanjutnya mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Majulah terus SMK PL Leonardo Klaten! Kembangkan terus kethoprak sebagai budaya daerah agar tidak punah!

 

(F. Netty Kuswandari dan Oktavianus Deddy Yoga S)








^:^ : IP 54.163.39.19 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2018  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/