SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
SMK PL Leonardo - Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No.30 Klaten - Jawa Tengah 57432  Telp.(0272) 321949 Fax.(0272) 327347
Senin, 16 Juli 2018  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


10.10.2017 08:25:30 319x dibaca.
BERITA
SMK PL LEONARDO KLATEN MERAIH JUARA 1 AUBADE

Aubade biasanya dibawakan oleh banyak orang, bisa dalam bentuk paduan suara, nyanyian tunggal, atau kelompok musik. Aubade sering kali ditambahkan sebagai bagian dari upacara perayaan hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, yang ditampilkan setelah upacara pengibaran bendera selesai. Lagu perjuangan, lagu nasional, dan lagu bertema patriotisme/nasionalisme yang dinyanyikan dalam aubade bertujuan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur di medan perang dalam rangka kemerdekaan Indonesia.

Di Kabupaten Klaten, lomba aubade diikuti oleh semua sekolah. Lomba aubade dilaksanakan pada 17 Agustus 2017 setelah upacara pengibaran bendera selesai, kira-kira pukul 14.00 sampai pukul 16.30 di alun-alun Klaten. Dalam lomba aubade ini, yang dinilai adalah kerapian barisan, kekompakan gerakan, kekuatan fisik para peserta, dan kerasnya suara saat menyanyikan lagu-lagu nasional. “Dalam aubade, hal yang sulit adalah dalam melakukan gerakan dan menyanyi, karena dilakukan secara bersama-sama,” kata Donny, peserta aubade siswa kelas X TMK A.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, SMK PL Leonardo Klaten membentuk tim aubade, yang berguna untuk melatih peserta aubade yang terpilih. Peserta aubade diambil dari siswa kelas X yang memiliki tinggi sama dan fisik yang kuat. Latihan dimulai tanggal 1 Agustus 2017, dilaksanakan sebanyak 15 kali sampai perlombaan dimulai. Awalnya, para peserta kurang disiplin dalam latihan karena belum terbiasa dan masih malas-malasan. “Kami masih merasa kesulitan dalam meluruskan barisan, konsentrasi, mempunyai fisik kuat, dan sulit dalam kekompakan gerakan dan bernyanyi,” kata Bardianto, peserta aubade kelas X TP B.

Semua memang membutuhkan proses agar mencapai hasil yang maksimal. Latihan demi latihan mereka jalankan dengan penuh semangat, tanggung jawab, dan komitmen. Dalam diri mereka tumbuh niat untuk membanggakan sekolah, menyadari sebagai siswa yang terpilih, saling memotivasi antar peserta, berusaha untuk kompak, dan disiplin yang tinggi.

Sebelum perlombaan dimulai, ada gladi dua kali. Gladi yang pertama dilaksanakan tanggal 9 Agustus 2017 di lapangan SMK Leonardo Klaten dan gladi yang kedua dilaksanakan tanggal 15 Agustus 2017 di alun-alun Klaten. Selama gladi, masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Kekurangan-kekurangan itu antara lain suara yang belum keras, barisan yang belum lurus, kurang kompak dalam gerakan karena kurangnya konsentrasi, emosi yang sulit dikendalikan, dan properti kurang karena tergesa-gesa dalam melakukan persiapan dan pengecekan. Dengan adanya kekurangan tersebut, tim aubade SMK PL Leonardo Klaten melakukan evaluasi kembali demi sebuah perbaikan. Masih ada waktu untuk memperbaiki semuanya, dengan melakukan latihan yang terakhir. Semua peserta sangat semangat dan berkomitmen tinggi.

Kamis, 17 Agustus 2017 pelaksanaan lomba aubade. Sebelum perlombaan aubade dimulai, para peserta telah mempersiapkan diri agar tampil secara baik, salah satunya dengan istirahat yang cukup, mental dan fisik harus kuat, pengaturan metabolisme tubuh yang baik, komitmen tinggi, dan optimis menjadi juara. Semua usaha tersebut akan berhasil jika didukung oleh doa.

Pukul 13.30, Pasukan aubade SMK PL Leonardo Klaten sudah memasuki alun-alun Klaten. Pasukan aubade langsung membentuk barisan. Di dalam barisan, semua peserta dalam posisi siap, konsentrasi penuh, dan penuh dengan keyakinan bahwa mereka dapat menampilkan yang terbaik.

Selama aubade berlangsung, pasukan aubade SMK PL Leonardo Klaten tampil dengan luar biasa. Barisan yang mereka bentuk terlihat rapi dan lurus, fisik kuat, suara lantang, dan gerakannya terlihat sangat kompak. Mereka anak-anak yang luar biasa, tampil baik secara konsisten dari awal sampai akhir.

Pembacaan juara adalah waktu yang ditunggu-tunggu seluruh peserta aubade. Pasukan aubade SMK PL Leonardo Klaten terlihat tegang. Mereka hanya terdiam dan berdoa mohon hasil yang terbaik. Segala usaha, kemampuan, komitmen yang disertai dengan doa, pasukan aubade SMK PL Leonardo Klaten mampu mendapatkan juara 1 lomba aubade Kabupaten Klaten. Keheningan berubah menjadi riuh kebahagiaan. Rasa cinta mereka terhadap sekolah sangat besar. Lagu LPKT SMK PL Leonardo Klaten berkumandang khidmat karena dinyanyikan dengan penuh kesungguhan hati. Air mata kebahagiaan sulit sekali dibendung, mengalir deras dengan sendirinya. Tentu saja ini semua adalah buah manis atas usaha mereka. “Juara hanya satu, dua dan tiga adalah peringkat!” seru Bagas, peserta aubade kelas X TP B. Majulah terus SMK PL Leonardo Klaten tercinta.

 

(F. Netty Kuswandari dan Oktavianus Deddy Yoga Setiawan)








^:^ : IP 54.81.76.247 : 2 ms   
SMK PANGUDI LUHUR LEONARDO
 © 2018  http://smkplleonardo.pangudiluhur.org/